Ciri-ciri calon keluarga “bermasalah”


Didalam masyarakat banyak sekali keluarga-keluarga yang tidak menyadari bahwa mereka mempunyai “potensi” menjadi keluarga yang bermasalah. Disini akan disebutkan beberapa ciri keluarga bermasalah. Ciri-ciri ini hampir selalu ada dalam keluarga yang bermasalah, dan ironisnya keluarga tersebut tidak menyadari hal ini. Mereka selalu menganggap semuanya baik-baik saja dan mereka akan menjadi sangat terkejut bila tiba-tiba situasi yang baik-baik saja ini berubah menjadi “badai” yang mengerikan.

Adapun ciri-ciri tersebut adalah :

Antar suami istri :
– Terjadi dominasi antar pasangan, bisa sang suami atau istri yang dominan. Maksudnya jika terjadi suatu perselisihan pendapat yang terjadi adalah penyelesaian sepihak (kalah – menang) dan bukan penyelesaian yang baik ( menang – menang).
-Adanya sikap acuh atau tidak mau tahu terhadap apa yang dirasakan atau dialami pasangan. Adanya sikap egosentris yang menonjol.
-Tidak adanya kesatuan nilai dalam keluarga atau inkonsistensi apa yang boleh dan yang tidak boleh.

Antar orang tua dan anak
-Pengalihan tanggungjawab sebagai orang tua, baik kepada pembantu rumah tangga, babysitter, sekolah atau keluarga yang lain.
-Sikap dari orang tua yang berlebihan atau tidak pada porsinya. Misalkan terlalu melindungi, terlalu bebas, terlalu keras bahkan ambisi orang tua yang dibebankan pada anak.
-Banyaknya kata-kata “negatif” yang diucapkan orang tua kepada anak.
-Tidak adanya “QUALITY TIME” antara orang tua dan anak. Sehingga anak “kekurangan” kenangan indah akan orang tuanya.
-Orang tua yang tidak ”open mind” terhadap anaknya.

Hubungan antar orang tua dan anak yang ”tidak berkualitas” ini akan membuat anak yang berkarakter keras menjadi ”anak-anak yang berduri” dan anak-anak yang berkarakter lemah menjadi ”anak-anak yang terluka”. Dan ini dapat dilihat gejala-gejala awalnya mulai umur 8-9 tahun. Dan mulai jelas pada usia 15 tahun keatas.  Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s